-->

Comments

AndikaBM Santri Baitul Mustaqim Punggur Blog Dan Informasi Terupdate

MKNU Ke- 299 Di Pondok Nurul Qodiri Kali Palis Way Pangubuan Lampung Tengah

MKNU Ke- 299 Di Pondok Nurul Qodiri Kali Palis Way Pangubuan Lampung Tengah 

 Assalamu'alaikum Wr. Wb. andikabm.com - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama ( PCNU ) Lampung Tengah mulai hari ini Jum'at sampai Ahad tanggal 18 - 20 Juni 2021 tengah menggelar sebuah acara Madrasah Kader Nahdlatul Ulama ( MKNU ) yang ke 299 bertempat di Pondok Pesantren Nurul Qodiri Kali Palis, Kecamatan Way Pangubuan Lampung Tengah.

Backgrond MKNU ke 299

KH. Imam Suhadi Sebagai pengasuh pondok Pesantren Nurul Qodiri yang juga sebagai Ketua Tanfidziyah  PCNU Kabupaten Lampung Tengah menyampaikan bahwahsannya tahun ini adalah agenda yang kedua kalinya pelaksanaan MKNU yang dulu tahun 2017 telah digelar di Nurul Qodiri juga.

Dalam acara tersebut diikuti oleh seluruh perwakilan 28 Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama' ( MWC NU ) Se-Kabupaten Lampung Tengah. Juga diikuti oleh Badan Otonom NU ( BANOM NU ) Lembaga-Lembaga NU se-Kabupaten Lampung Tengah. Mengambil sebuah Tema Merawat Tradisi Merespon Modernisasi. 

MWC NU Kecamatan Punggur yang saat ini dibawah Pimpinan Kyai Ahmad Khoirudin ( Goes Deen Khoir )  Mengirimkan 4 delegasi yang saat ini juga menjadi pengurus aktif di MWC NU Punggur antara lain Junaidi Istanto yang saat ini menjadi A’wan, M. Nahrul Masyhuri Wakil Sekretaris, Ali Ghufron, S.Pd.I. Sekretaris Lesbumi, dan Anwar Fauzi, S.Pd. Sekretaris UPZISNU. 

Saat ini kader NU harus kembali membuktikan diri sebagai pemersatu bangsa untuk tegak dan utuhnya NKRI,” kata Goes Deen Khoir sapaan karibnya (Ketua MWC NU Punggur), saat berpesan kepada calon Peserta  MKNU dari MWCNU Punggur.

Menurutnya, Kader NU harus menghindari gerakan radikalisme yang bisa memecah belah umat dan bangsa Indonesia. Terlebih, penyadaran islam rahmatan lil alamin dan ahlusunah wal jammaah harus menjadi dasar dalam bergerak menuju kejayaan NU di Nusantara.

” Kita NU harus menangkal aliran radikal untuk menekankan islam rahmatan lil alamin sebagai wajah Islam di Indonesia,”

Baca Juga :

TUJUAN MKNU

  1. Peneguhan Kembali Ideologi Ahlussunah Wal Jamaah sebagai sebuah pola pikir yang mengambil jalan tengah antara ekstrem ‘aqli (rasionalis) dan ekstrem naqli (skripturalis)   yang bersumber dari   Alquran dan Sunnah serta menggunakan kemampuan akal ditambah dengan realitas empirik (ijma & Qiyas).
  2. Meneguhkan   keutuhan   Negara  Kesatuan   Republik   Indonesia   (NKRI)   untuk membendung upaya-upaya yang saat ini ingin merongrong keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan merupakan pengingkaran terhadap prinsip- prinsip ukhuwah watoniah (persaudaran nasional).
  3. Membangun gerakan kolektif yang diikat dengan ukhuwwah atau solidaritas yang kuat (al urwatul wutsqo) sebagai perekat gerakan yang dibangun    atas dasar menguji  kesamaan pandangan mengenai realitas dan apa yang harus dilakukan dan layak diperjuangkan bersama-sama akan pentingnya perjuangan.

MATERI MKNU

Beberapa materi yang akan disampaikan dan pokok bahasannya adalah:

1. Arah, Cita–cita dan Strategi Perjuangan NU 

  • Gagasan, keteladanan dan aktualisasi gerakan kesejarahan NU relevansi dan aktualisanya untuk membentuk performa kualitatif organisasi NU dan warga Nahdliyin 10 tahun mendatang.
  • Strategi perjuangan NU dan berlakunya ajaran Islam Ahlussunah-waljamaah dalam  mewujudkan  tatanan  masyarakat  yang  demokratis  dan  berkeadilan sesuai dengan amanah Muktamar NU 2015.
  • Strategi gerakan NU sebagai organisasi gerakan perbaikan (harakah Ishlahiyah), penguatan  umat  (taqwiyatul  ummah),  dan  melindungi  dan  menjaga  umat (himayatul ummah).

2. Relasi dan Respon NU Terhadap Ideologi

  • Telaah sejarah, basis pemikiran, garis perjuangan dan jati diri NU.
  • Kompetisi  ideologi  Ahlussunnah  walJama’ah  an-Nahdliyah  dengan  ideolog Islam transnasional dan menghadapi ideologi non Islam (liberalisme, komunisme, materialisme, sekularisme).
  • Strategi memperkuat eksistensi umat NU,   Institusi NU dan   mempertahankan akidah ahlusunah wal jamaah untuk menghadapi kompetisi atas berkembangnya ideologi lain

3. Relasi dan Respon NU Terhadap Negara

  • Peran kesejarahan NU dalam perjuangan dan sumbangsih NU terhadap Negara untuk membangun kemaslahaan rakyat
  • Pandangan NU tentang negara dan pola hubungan antara NU dengan negara 
  • Strategi   mengoptimalkan   peran   dan   relasi   NU   dengan   Negara   untuk kemaslahatan Nahdliyin.

4. Arah, Cita-cita dan Program Perjuangan NU 

  • Tantangan global, perkembangan dunia dan penciptaan peluang NU
  • Mondial untuk pencapaian program Nahdlatul Ulama 
  • Perencanaan proyeksi, target kualitatif & kuantitatif, program unggulan, rincian dan hasil yang akan dicapai Program Nahdlatul Ulama 
  • Strategi penguatan sistem dan kelembagaan NU untuk menopang
  • Pencapaian Program Nahdlatul Ulama 

5. NU dan Strategi Dakwah

  • Peta dakwah Indonesia dan posisi dalam peran menyerbakan Islam Rahmatan lil Alamin
  • Membangun  Relasi  NU,  Negara  dan   Lembaga  Dakwah   untuk memperkuat pelaksanaan dakwah NU

6. NU dan Pemberdayaan Ekonomi

  • Peta Ekonomi Indonesia dan posisi Indonesia dalam persaingan ekonomi dunia 
  • Membangun Relasi NU, Negara dan Dunia Usaha untuk memperkuat kemandirian ekonomi NU
  • Strategi  memperkuat  kelompok  usaha  NU  yang  sudah  ada  dan mendorong terselenggaranya usaha perseorangan maupun bersama warga NU.

MKNU Ke- 299 Di Pondok Nurul Qodiri Kali Palis Way Pangubuan Lampung Tengah 

Baca Juga : Peletakan Batu Pertama Asrama Putra Pingwo Baitul Mustaqim

Demikian informasi yang dapat admin bagikan semoga bermanfaat terkhusus bagi alumni MKNU angkatan ke II yang ada di Kabupaten Lampung Tengah yang bisa membawa kemaslakhatan dan kemajuan bagi warga Nahdliyin se-Kabupaten Lampung Tengah khususnya dan Nahdlatul Ulama se Indonesia pada umumnya. 

Terimakasih, Tetap kunjungi dan Ikuti andikabm.com yang menyajikan infoemasi-informasi terkini seputar Nahdliyin Lampung Tengah dan informasi-informasi penting lainnya. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Artikel Terkait

6 komentar

  1. Dee.KhoirBM
    Alhamdulillah.....Semoga menjadi berkah untuk kita semua...
    • AndikaBM
      Amiin
  2. ALI GHUFRON
    Semoga berkah
    • AndikaBM
      Amiin, semoga NU selalu Dihati dan membawa kedamaian
  3. Unknown
    Alhamdulillah....semangat
    • AndikaBM
      Alhamdulillah, aamiin
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>