-->

Comments

AndikaBM Santri Baitul Mustaqim Punggur Blog Dan Informasi Terupdate

Pengertian, Tujuan dan Fungsi Pendidikan Dalam Sudut Pandang Dunia dan Agama

Pengertian, Tujuan dan Fungsi Pendidikan Dalam Sudut Pandang Dunia dan Agama

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Andikabm.com.  Pendidikan adalah modal utama dalam menjalani kehidupan. Dengan pendidikan maka manusia akan bisa menentukan kehidupan dunia di masa mendatang Katanya sih .... Tapi memang benar adanya, banyak yang dijadikan sebagai tolak ukur seseorang dalam pergaulan sehari-hari seberapa hebat dia bergaul terkadang dipandang dari sudut pendidikannya. bahkan ada yang dijadikan kebanggan saat tingkat pendidikannya sampai selesai pada jenjang yang tertinggi.


Sejak pertama Nabi Adam AS diciptakan Allah sudah menanamkan Pendidikan. Diawali dengan pengenalan-pengenalan sekitar sampai seluruhnhya yang ada disekitarnya.

وَعَلَّمَ آدَمَ الأسْمَاءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلائِكَةِ فَقَالَ أَنْبِئُونِي بِأَسْمَاءِ هَؤُلاءِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

Artinya : "Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang orang-orang yang benar!" (QS. al-Baqarah 2 )

Dengan adanya ayat diatas betapa pentingnya arti Pendidikan untuk kehidupan manusia di muka bumi ini. Sebenarnya apakah Arti, Tujuan dan Fungsi  Pendidikan itu sendiri. Mari kita bahas bersama pada artikel ini.

Baca Juga :

1. Arti Pendidikan

Dalam bahasa Inggris pendidikan berarti education. Sedangkan dalam bahasa latin berarti educatum yang berasal dari kata E dan Duco, E berarti perkembangan dari luar dari dalam ataupun perkembangan dari sedikit menuju banyak, sedangkan Duco berarti sedang berkembang. Dari sinilah, pendidikan bisa juga disebut sebagai upaya guna mengembangkan kemampuan diri. 

Menurut Wikipedia, pendidikan ialah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, serta kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, penelitian serta pelatihan. Sedangkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan ialah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang ataupun kelompok dalam upaya mendewasakan manusia melalui sebuah pengajaran maupun pelatihan.

Maka dari itu semua sangatlah penting Pendidikan ditingkatkan baik dari tingkat dasar sampai tingkat atas bahkan perguruan tinggi. Ada banyak pendidikan dalam ruang lingkup kita sehari-hari, ada yang formal ada pula yang non formal. Apasajakah maksud dari dua macam pendidikan tersebut.

  1. Pendidikan Formal adalah pendidikan yang diselenggarakan instansi Pemerintah ataupun swasta yang terstruktur, serta terencana dan berjenjang.
  2. Pendidikan non formal  adalah Pendidikan yang didapat dari kehidupan sehari-hari yang tidak terikat oleh lembaga pemerintah ataupun lembaga lainnya, Contohnya belajar secara mandiri dengan cara membaca buku, membaca informasi yang ada di media masa, belajar dari pengalaman sendiri ataupun pengalaman orang lain.

 2. Tujuan Pendidikan

Tujuan dari Pendidikan yakni mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta menjadi warga negara yang demokratis juga bertanggung jawab.Dari sudut pandang Agama dijelaskan dalam surat al-Mujadalah ayat 11

يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : "Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan" (QS. Al-Mujadalah 11)

Dengan Keterangan ayat tersebut nmaka jelaslah sudah bahwa orang yang berpendidikan akan lebih punya derajat dibandingkan dengan orang yang kurang dalam berpendidikan. Baik di mata masyarakat atau dunia maupun pandangan Allah.

3. Fungsi Pendidikan

Fungsi Pendidikan dari sudut pandang Dunia.
  1. Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah.
  2. Mengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat.
  3. Melestarikan kebudayaan.
  4. Menanamkan keterampilan yang perlu bagi partisipasi dalam demokrasi.
Dari sudut pandang Agama Islam Pendidikan adalah suatu cara atau tahapan yang harus dilakukan oleh manusia untuk mengenal Tuhannya. Bisa membedakan mana yang baik mana yang buruk, membedakan anatara yang halal dan haram. Dapat beribadah dan menyembah Allah SWT dengan sebenar-benarnya. Seperti dalam Al-Qur'an Surat Az-Dzariat ayat 56
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Artinya : "Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku". ( QS. Az- Dzariat 56)

Manusia diciptakan oleh Allah semata-mata hanya untuk beribadah dan menyembah kepa Allah SWT. Untuk beribadah itu sendiri manusia harus mengenal pendidikan. Tatacara bersuci, tatacara sholat dan lain sebagainya.

Fungsi lain dari Pendidikan adalah sebagai berikut :

  • Mengurangi pengendalian orang tua terhadap anak-anaknya. Melalui pendidikan, sekolah orang tua melimpahkan tugas serta wewenangnya dalam mendidik anak kepada pihak sekolah.
  • Menyediakan sarana untuk pembangkangan. Sekolah mempunyai potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat. Hal ini tercermin dengan adanya perbedaan pandangan antara sekolah serta masyarakat tentang sesuatu hal, seperti pendidikan seks serta sikap terbuka.
  • Mempertahankan sistem kelas sosial. Pendidikan sekolah diharapkan bisa mensosialisasikan kepada anak-anak didiknya guna menerima perbedaan prestise, privilise, serta status yang ada dalam masyarakat. Sekolah pun diharapkan menjadi saluran mobilitas siswa ke status sosial yang lebih tinggi ataupun paling tidak sesuai dengan status orang tuanya.
  • Memperpanjang masa remaja. Pendidikan sekolah bisa pula memperlambat masa dewasa seseorang sebab siswa masih tergantung secara ekonomi kepada orang tuanya.
Demikian informasi yang admin dapat sampaikan tentang Pengertian Pendidikan baik dari sudut pandang dunia maupun sudut pandang Agama. Terimakasih, Semoga bermanfaat dan semoga anak didik kita menjadi generasi yang terdidik baik dalam pendidikan dunia maupun Agama. 

Tetap kunjungi dan oikuti Andikabm.com yang selalu update tentang informasi-informasi seputar Pendidikan dan informasi-informasi penting lainnya. Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Artikel Terkait

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>