Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Andikabm.com Blog Pendidikan, Tutorial Dan Informasi Terupdate

5 Tips Cepat dan Tepat Menemukan Ide Menulis Dalam Blog

5 Tips Cepat dan Tepat Menemukan Ide Menulis Dalam Blog

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Andikabm.com Seorang Blogger harus mempunyai banyak ide dalam pembuatan atau penulisan sebuah artikel supaya tidak kehabisan bahan dalam pembuatan artikel. Karena artikel adalah sebuah modal utama dalam Blog dan bisa dikatakan sebgai Ruh nya sebuah Blog, bila blog kita minim dengan artikel maka pengunjungpun juga otomastis minim juga. Tentunnya artikel pun harus yang berbobot yang sangat sesuai dengan kebutuhan para pengguna.

Tips And Tricks Pixabay
Nah .... Disini admin akan mencoba mengupas tentang bagaimana Cara Menemukan Ide menulis Didalam Blog. Memang sich admin masih newbie baru beberapa bulan di blog, namun hanya sekedar berbagi supaya teman-teman blogger tidak kehabisan ide dalam penulisan artikel. Juga sebagai pengingat bagi admin sendiri saat sedang blank dalam pembuatan artikel, tinggal lihat deah artikel ini maka akan muncul kembali ide-ide tersebut. Karena suatu saat rasa malas dalam menulis pasti akan timbul.

Baca Juga : 
Admin rasa gak perlu berlama-lama lagi akan bagikan 5 Tips Cepat dan Tepat Menemukan Ide Menulis Dalam BlogMari kita simak satu persatu : 

1. Tentang Pengalaman Pribadi

Untuk yang paling simple dan mudah dalam membuat ide penulisan sebuah artikel dalam blog adalah pengalaman pribadi. Untuk pengalaman pribadi ini kita tinggal pilih apa yang akan kita angkat sebagai bentuk tulisan yang akan kita buat sebuah artikel. Jika kita bertani, kita bisa membahas seputar pertanian, yaitu dari cara pengolahan tanah memilih benih cara marawat tanaman sampai cara memanen. Jika kita sebagai pedagang bisa kita kupas tentang perdagangan kita, solusi dagang yang baik, dagangan yang paling laku dan lain sebagainya. Atau kita sebagai pekerja di sebuah perusahaan kita bisa juga menulis tentang perusahaan, gaji, kinerja dalam perusahaan tersebut dan sebagainya. 

Yang jelas untuk yang pertama kita ambil dalam Ide penulisan artikel sebuah blog adalah tentang pengalaman kita. Itu akan memudahkan kita dalam membuat tulisan yang sangat tipis kemungkinan untuk copy paste karya orang lain, dan tentunya hasil dari tulisan kita akan ori tanpa copas.

2. Berkunjung Ke Situs Lain

Jika blog kita tentang tutorial maka kita kunjungi ke situs-situs tutorial. Kita bisa membuat tulisan yang hampir sama dengan mereka. Lihat Popular postnya, apa yang paling populer dalam blog tersebut. Namun jangan pernah sekali-kali kita membuat judul yang sama dengan yang kita lihat tadi. Bedakan judul kita dengan judul-judul yang sudah ada. Buatlah bahasa yang berbeda dengan gaya bahasa yang unik pasti akan terlihat Ori. Setidaknya ada bahasa yang khusus sebagai ciri khas blog atau artikel kita. Jangan pula kita copy paste yang membuat Google tidak akan senang. Apabila sampai ketahuan plagiat maka Google tidak segan untuk memblokir blog kita. Yang dampaknya akan menghancurkan blog kita sendiri.  

3. Melihat Status Di Media Sosial

Cara selanjutnya kita lihat di beranda media-media sosial seperti Facebook, Instagram, atau yang lainnya. Jika blog kita blog gado-gado kita bisa melihat di beranda Facebook, Twiter, Instagram atau Youtube. Disana banyak sekali yang bisa kita jadikan modal untuk penulisan artikel. Kita bisa juga melihat status teman-teman Facebook, instagram atau medsos lainnya. Terkadang hanya melihat sebuah status teman kita akan membangkitkan jiwa kita sebagai penulis. 

4. Menyesuaikan Niche

Untuk yang keempat ini bagi yang Niche atau tema khusus yang pembahasan mengenai suatu topik yang difokuskan tanpa membahas berbagai topik lainnya. Jika blog kita membahas tentang Handphone atau Android maka maka kupaslah atau bahaslah sampai tuntas tentang Handphone itu sendiri. 

Contohnya HP Realme 5, usahakan jangan lompat-lompat dalam pembahasannya. Kalau memang yang dibahas awal tentang Realme 5 ya tetap harus konsisten membahas Realme 5 jangan berubah ke merek HP yang lain. Seperti , Spesifikasi Realme 5, Cara mudah setting Realme 5, Cara membuat screenshot panjang para Realme 5, dan lain sebagainya. Apa saja yang berhubungan dengan Realme 5 dan seterusnya, baru ke Android atau HP yang lain. Bayangkan saja jika kita bisa menuliskan tentang macam-macam Android atau HP tersebut, sudah berapa artikel yang yang kita hasilkan. 

Jika membahas tentang sebuah lagu seseorang, ya tentunya harus konsisten jangan ke artis yang lain terlebih dahulu sebelum selesai membahas satu artis. Jika membahas lagu dangdut bang Haji Rhoma Irama, kupas tuntas lagu-lagu bang haji, jangan pindah ke lagu yang lain atau artis yang lain.

5. Mencari Kata Kunci Saat Melakukan Riset Keyword

Cara yang terakhir yaitu dengan cara Riset Keyword di Google. Kita ketikan satu kata kunci contohnya Tips membuuat blog di Blogger, Setelah browsing kita akan melihat betapa banyaknya kata kunci yang ditemukan, Seperti Cara membuat bolg, cara membuat Wordpress, Cara membuat blog cukup lima menit. Sebenarnya semuanya itu intinya sama. 

Tinggal kita sesuiakan atau lengkapi dari kata kunci yang kita temukan. Kalau hanya sekedar membuat blog cepat tentunya hanya beberapa langkah sudah jadi blog. Jika cara membuat blog yang lengkap maka harus membuat artikel yang menguraikan tentang tutorial yang lengkap. Jangan hanya setengah-setengah, mulai cara memilih niche, mendaftarkan webmaster dan lain sebagainya. 

Selain dari 5 Tips Cepat dan Tepat Menemukan Ide Menulis Dalam Blog. Tahap pertama membuat judul, dalam membuat judul pisahkan antara judul pokok dengan judul tambahan, seperti cara berjualan online, untuk judul pokok tersebut harus tetap tanpa dirubah tinggal diberi judul-judul tambahan, seperti jualan onlie alat kecantikan, alat kecantikan yang alami, alat kecantikan yang modern, atau yang tradisional. Biarkan judul pokok kita sama dengan blog yang lain, tapi judul tambahan bisa kita bedakan. 

Baca Juga : 
Nah......itulah kira-kira yang dapat admin bagikan kepada sobat-sobat blogger sebagai motivasi seorang penulis supaya tidak kehabisan Ide dalam membuat sebuah atikel dalam Blog. Dan tentunya sebagai pengingat admin sendiri disaat admin kebingungan dalam mencari Ide penulisan artikel.

Terimakasih, tetap kunjungi Blog Andikabm.com yang selalu update tentang informasi-informasi seputar Pendidikan dan info-info penting lainnya. sekiranya bisa bermanfaat monggo silahkan komen-komen dibawah atau llike dan ikuti blog kami. Wassalamu'alaikum Wr. Wb


4 komentar untuk "5 Tips Cepat dan Tepat Menemukan Ide Menulis Dalam Blog"

  1. wah terima kasih tipsnya kak. salam kenal kak saya dari ummizh.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok siap, semoga bisa memberikan Ispirasi bagi Bloggerv Indonesia

      Hapus