-->

Comments

AndikaBM Santri Baitul Mustaqim Punggur Blog Dan Informasi Terupdate Dirgahayu Republik Indonesia Ke - 76

Kartu Prakerja Gelombang 18 Di Buka, Cek disini Infonya.....

Kartu Prakerja Gelombang 18 Di Buka, Cek disini Infonya.....

Andikabm.com - Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 18 sudah dinanti banyak Masyarakat Indonesia. Pemerintah dan pengelola program tersebut belum bisa memastikan kapan program itu akan dibuka kembali. Menurut keterangan akun resminya Kartu Prakerja di Instagram penerima program Kartu Prakerja ada 8,2 juta orang dari seluruh Indonesia yang menjadi penerima Kartu Prakerja sejak pertama dimulai.
Verifikasi KTP
Menurut keteranagan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sempat membocorkan perkiraan pendaftaran program tersebut akan dibuka kembali. Lalu, yang jadi pertanyaan saat ini pendaftaran Prakerja gelombang 18 kapan dibuka ? 

Baca juga : 

Menurut pantauan admin pada Dashboard Prakerja, sudah ada tanda-tanda Gelomnbang 18 segera dibuka. Karena saat ini di dashboard tersebut ada notifikasi update dan verifikasi Kartu Tanda Pengenal ( KTP ). Seperti Gelombang-gelombang yang sudah bila di Dashboad Prakerja ada pergerakan atau perubahan maka tidak jauh lagi akan dibuka.

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga pernah mengungkapkan soal rencana pemerintah untuk melanjutkan program Kartu Prakerja pada semester II-2021 ini. Hal tersebut seiring dengan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang berlaku pada mulai 3 Juli 2021 lalu. Bendahara Negara ini mengatakan, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 10 triliun. Anggaran tersebut digunakan untuk 2,8 juta peserta baru. Rencananya, kelanjutan Kartu Prakerja akan dieksekusi pada Juli-Agustus 2021. 

Saat ini, pihak manajemen pelaksana program (PMO) Kartu Prakerja pun sedang berkoordinasi dengan Komite Cipta Kerja untuk keberlanjutan program Kartu Prakerja. Sementara itu, Head of Communications PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menambahkan, koordinasi tersebut diperlukan untuk menentukan jadwal dan mekanisme pendaftaran. "Saat ini kami masih terus berkoordinasi dengan Komite Cipta Kerja untuk menentukan jadwal dan mekanismenya. 

Segera kami sampaikan bila sudah ada keputusan," jelas Louisa. Selagi menunggu kepastian pendaftaran Prakerja gelombang 18 kapan dibuka. 

Para perserta yang gagal ataupun yang belum pernah mendaftar selalau bertanya kapan Gelombang Prakerja 18 dibuka, tidak ada pertanyaan yang lain walau akun Prakerja update yang lain. Kata akun @anjaniputrulita "Pak, mohon segera di buka gelombang nya. Kami para pekerja yang kena PHK mau bayar kos pak, udah nunggak 2 bulan blm dibayar. Makan juga cuma pake nasi sama garam".
 
Pada akun lain " Aku Cuma Butuh gelombang min" Bahkan ada yang menggelikan, yang ditulis gel 18 gel 18 gel 18 sampai berulang-ulang. Inti dari semuanya gelombang 18 yang dinanti bukan update berita-berita yang lain. 

Baca juga : 
Sembari menunggu pembukaan resmi Program Kartu Prakerja gelombang 18 ada baiknya Anda yang berminat mengikuti program tersebut untuk mengetahui tata cara pendaftarannya. Sehingga, jika nantinya pendaftaran program tersebut resmi dibuka Anda bisa langsung mendaftarkan diri. 

Syarat Daftar Kartu Prakerja 

  1. Warga negara Indonesia (WNI) 
  2. Berusia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal Merupakan pencari kerja, korban PHK, atau wirausaha 
  3. Bukan merupakan anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMD, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD 
  4. Tidak sedang menerima bantuan pemerintah baik berupa BLT, BPUM, atau bantuan pemerintah lain Selain itu, dalam 1 (satu) 
  5. Kartu Keluarga hanya diperbolehkan maksimal 2 (dua) NIK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.
  6. Segera Verifikasi KTP mu jika pernah daftar dan belum berhasil. 

Cara Daftar Kartu Prakerja 

  1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer 
  2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pembuatan akun 
  3. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online 
  4. Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka 
  5. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS.
  6. Untuk diketahui, melalui program Kartu Prakerja gelombang 18, masyarakat akan mendapatkan uang bantuan senilai Rp 3,55 juta. 

Uang tersebut terdiri atas insentif pelatihan senilai Rp 1 juta ( tidak bisa diuangkan jika saldo pelatihan masih), uang tunai sebesar Rp 2,4 juta yang diberikan sebesar Rp 600.000 dalam empat bulan sebagai insentif pasca pelatihan, serta insentif survei Rp 150.000 untuk tiga kali survei. 

Demikian tentang Kartu Prakerja Gelombang 18 di Buka. Segera bersiap-siap untuk membuat akun prakerja dan daftar, siapa tahu anda termasuk peserta yang gelombang 18 ini. Terimakasih......Wassalam.....( Andikabm)


Artikel Terkait

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>