-->

Comments

AndikaBM Santri Baitul Mustaqim Punggur Blog Dan Informasi Terupdate Dirgahayu Republik Indonesia Ke - 76

5 Hari di BLK Komunitas Baitul Mustaqim Peserta Sudah Mampu Melakukan ini .....

5 Hari di BLK Komunitas Baitul Mustaqim Peserta Sudah Mampu Melakukan ini - BLK Komunitas Baitul Mustaqim yang bergerak di bidang Kejuruann Desain Mode dan Tekstil ( Tata Busana ). Tanggal 18 Agustus 2021 telah resmi dibuka untuk angkatan ke II. Setelah pada bulan Juni yang lalu angkatan pertama selesai. Pada angkatan ke II ini selama 5 hari pasca dibukanya gelombang II para peserta yang berjumlah 16 orang harus mampu memahami berbagai macam peralatan dalam jahit- menjahit.
Peserta Saat sedang PraktikMembuat Kantung Baju
Instruktur pelatihan, Mualim menyampaikan, "Dalam 5 hari pertama ini seluruh peserta harus mampu mengenali berbagai macam peralatan dalam jahit-menjahit" saat kami ditemui.

Peralatan Mesin Jahit 

Untuk tahap awalan ini, pengenalan tentang peralatan mesin jahit dan keguanaannya. Seperti skoci, jarum jahit, berbagai macam gunting kain, berbagai penggaris, skala, kertas pola, kertas karbon, rader , strika uap dan alat-alat lainnya. 

Sebagai seorang pemula harus mengetahui semua peralatan-peralatan tersebut. Jika tidak memahami semua tentunya akan sulit saat melakukan praktik dalam menjahit.

Praktik Ringan

Dalam tahapan awal ini instruktur mengajari praktik-praktik ringan seperti, memasang benang pada mesian jahit, menjahit lurus, melingkar dan zigzag. Selain praktik yang tersebut pelatih juga sudah mengajarkan berbagai cara membuat berbagai macam fragmen saku ( kantong ), membuat manset lengan, kerah kemeja, memasang reliting, juga memasang kancing.
Peserta Memilih Seragam BLK

" Untuk awalan ini saya ajarkan berbagai model jahitan yang mudah, seperti mejahit lurus, melingkar, dan zigzag" imbuh instruktur saat kami temui.

Afreza, salah satu santri peserta BLK Komunitas berkata " saya sudah bisa menjahit seperti yang diajarkan oleh instruktur" 

Pengenalan Pola

Dalam 5 hari ini para peserta sudah mulai dikenalkan dengan berbagai macam pola. Pola kemeja, pola rok, pola celana juga mengubah pola dasar ( pecah pola ). bahkan sudah diajarkan juga tatacara mengukur baju atau celana calon pelanggan.

Baca Juga :
Demikian informasi kegiatan 5 Hari di BLK Komunitas Baitul Mustaqim yang sudah didapatkan. Semoga dengan target 24 hari seperti pada angkatan ke I mereka semua sudah mampu membuat baju seragam ataupun baju-baju yang lainnya.

Nantikan informasi lanjutan 5 hari mendatang tentang kemajuan dari para peserta BLK Komunitas Baitul Mustaqim. Dan nantikan pula angkatan selanjutnya bagi yang belum mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan di BLK Komunitas baitul Mustaqim. 

Terimakasih, Wassalam ..... Andikabm

Artikel Terkait

4 komentar

  1. Adipati
    Wah salut sama pak andika
    • AndikaBM
      Masih tahap belajar
  2. Unknown
    Calon² penjahit profesional yang memiliki daya saing dimasa yang akan datang.
    Semoga berhasilšŸ¤²
    • AndikaBM
      Aamiin, Semoga semua bisa menyerap ilmu yang diberikan instruktur
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>