-->

Comments

AndikaBM Santri Baitul Mustaqim Punggur Blog Dan Informasi Terupdate Dirgahayu Republik Indonesia Ke - 76

Arti dan Makna Di Balik Lomba Panjat Pinang

Arti dan Makna Di Balik Lomba Panjat Pinang - Sebuah lomba yang khas yang sepertinya hampir tidak terlewatkan saat di hari kemerdekaan. Lomba panjat pinang, yaitu lomba yang dilakukan dengan secara berkelompok dan untuk meraih kemenangan harus terjalin sebuah kemistri dan kerjasama antar kelompok. Jika anggota kelompok tersebut bisa bekerjasama dengan baik maka keberhasilan dan kemenangan akan di dapatkan. Begitu pula sebaliknya jika kekompakkan dan kerjasama tidak terjalin dengan baik pastilah kemenangan akan sulit diraih.

Lomba Panjat Pinang
Lomba Panjat pinang ini selalu hadir dan ada di saat hari kemerdekaan karena memang terciptanya lomba ini sejak jaman penjajahan Belanda. bisa di baca Sejarah Panjat Pinang. Adakah yang mengetahui makna dari lomba panjat pinang tersebut ? .....nah mari kita bahas bersama Arti dan Makna Di Balik Lomba Panjat Pinang

Panjat Pinang

1. Perjuangan Panjang Untuk Sampai ke Tujuan

Setiap lomba panjat pinang terdapat makna sebuah perjuangan yang cukup panjang ketika akhirnya mendapatkan kemerdekaan. Hal tersebut ditandai dengan tingginya dan sulitnya memanjat pohon panjat pinang. Selain dari itu, hal yang membuatnya lebih susah dipanjat adalah sebab tiang dilumuri oleh pelumas sehingga menjadi semakin sulit sampai diatas karena licin.

Didalam sebuah lomba panjat pinang membutuhkan energi, strategi, kekompakan juga kerjasama dari para pesertanya. Meskipun sulit dan terkesan menyiksa, tetapi banyak orang yang mengikuti perlombaan yang unik ini. Hal tersebut karena banyak hadiah yang menarik serta untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia.

2. Selalu Ada Rintangan

Setiap langkah manusia di bumi ini selalu melewati banyak rintangan setiap harinya. Begitu pula untuk merebut kemerdekaan, banyak rintangan yang harus dihadapi. Dalam lomba ini, rintangan dilambangkan dengan tiang yang tinggi nan licin, selain itu juga ada banyak orang yang berebut naik dan menjatuhkan peserta lainnya. Terkandung makna banyak yang ingin meraih kemerdekaan. Hadiah yang ada diatas diibaratkan sebuah kemerdekaan yang didapat. 

3. Bersama Untuk Mencapai Tujuan

Karena tiang yang cukup tinggi, maka tidak mungkin dapat dipanjat hanya satu orang saja tanpa bantuan. Tanpa sebuah kelompok atau negara kesatuan maka sangat mustahil akan mendapatkan kemerdekaan. Panjat pinang membutuhkan kerja sama untuk dapat mencapai puncak. Peserta harus menghilangan sifat egois untuk dapat mencapai hadiah yang terdapat di atas puncak.

Begitu pula dengan kemerdekaan, banyak raja-raja di Indonesia yang merelakan kekuasaannya demi terbentuk negara kesatuan. Bahkan raja-raja tersebut membantu presiden dengan menghibahkan sebagian kekayaan kerajaan mereka. Seperti kesultanan Yogyakarta yang menghibahkan banyak emasnya demi terselenggaranya negara RI saat itu. 

4. Hasil dari Perjuangan

Ketika sudah sampai di puncak, peserta dapat mengambil hadiah yang ia inginkan. Hal ini sebagai imbalan dari kerja keras serta kerja sama yang mereka jalani. Hadiah nantinya akan dibagikan ke kelompok yang berhasil. Maka seringkali panjat pinang memiliki beberapa kelompok, terkadang juga semua peserta menjadi satu kelompok, semua tergantung panitia perlombaan. Sebagai makna bahwa sebuah perjuangan memang berat di awal, namun bahagia di akhir. 

Itulah 4 makna di balik permainan panjat pinang yang biasa diadakan memperingati 17 Agustus di setiap tahunnya. ternyata banyak pelajaran yang didapat selain mengutamakan hadiahnya. Walaupun tahun ini perlombaan panjat pinang tidak dierbolehkan oleh pemerintah karena masih dalam pandemi Covid-19, namun di beberepa daerah dalam zona hijau atau pedalaman masih mengadakan lomba panjat pinang ini.

Baca Juga : 

Demikian Arti dan Makna Di Balik Lomba Panjat Pinang,  Semoga kita semua bisa mengambil arti dan makna pada setiap yang terjadi. Jika kita mampu untuk mengambil makna dari sebuah kejadian maka kita akan lebih mapan dalam bertindak. terimakasih.....Wassalam .... Andikabm  

Artikel Terkait

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>