-->

Comments

AndikaBM Santri Baitul Mustaqim Punggur Blog Dan Informasi Terupdate Dirgahayu Republik Indonesia Ke - 76

Arti Link, Fungsi dan Jenisnya

Arti Link, Fungsi dan Jenisnya

Andikabm.com- Link ....apa sich arti dari Link dan untuk apa.....nah disini admin akan bahas apa yang dinamakan dengan Link adalah Sambungan atau koneksi dari sebuah sumber ke sumber yang lain. Jika sobat Blogger adalah pengguna aktif internet dan website, pastinya Anda sudah pernah mendengar tentang istilah link atau tautan sebelumnya kan ?
Sumber Potho Pixcabay.com
Di Tinjau dari segi bahasa, link adalah kata yang berbahasa inggris yang berarti koneksi atau sambungan. Namun dalam Internet, link artinya tautan yang difungsikan untuk menghubungkan satu halaman ke halaman yang lainnya.

Nah jika Anda ingin mengetahui lebih jelas lagi tentang link, mulai dari pengertian, fungsi, dan jenis-jenisnya, Anda saat ini berada di artikel yang tepat.

Pada artikel kali ini admin akan kupas semua yang perlu Anda ketahui tentang link. Yuk langsung saja kita mulai !

Pengertian Link

Seperti yang sudah dibahas diatas tadi, link adalah koneksi yang menghubungkan satu halaman ke halaman lainnya. Sebenarnya, kata link adalah kependekan dari kata bahasa inggris lho sahabat Blogger. Namun karena istilah Hyperlink terlalu panjang dan mungkin terlalu sulit untuk dikatakan bagi kita orang Indonesia, maka kebanyakan lebih suka menyebutnya dengan link. 

Bila diartikan secara harfiah, hyperlink sendiri adalah objek HTML yang memungkinkan user untuk membuka halaman website saat Anda membukanya dengan klik atau ketukan. Anda bisa menemukan contoh link di hampir seluruh halaman website. Biasanya link digunakan untuk membuat navigasi yang jelas dan lancar antar halaman di blog, wordpres ataupun web.

Selain itu, link juga dapat dilampirkan ke teks, gambar, dan elemen HTML lainnya. Umumnya, links pada web page berwarna biru warna standar yang digunakan browser web untuk menampilkan tautan. Namun, links juga bisa be memiliki warna lain selain warna biru, tergantung dengan gaya teks tautan yang disesuaikan menggunakan gaya HTML atau CSS masing-masing.

Pada awal mula ada Internet, link biasanya diberi garis bawah. Namun saat ini tautan yang digaris bawahi sudah tidak umum lagi. Karena bentuknya yang ringkas dan efisiens, link biasanya digunakan untuk mempermudah akses dan berbagi informasi oleh para pengguna Internet.

Fungsi Link 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, link mempunyai peran yang cukup penting dalam website Anda. Selain digunakan untuk menghubungkan satu halaman dengan yang lainnya, link juga digunakan untuk menata struktur dan susunan dari sebuah Blog atau website.

Beberapa fungsi lain dari link adalah :

  1. Memudahkan berbagi info sebuah website kepada antar pengguna internet. User hanya perlu membagikan tautan pendek tanpa harus menulis konten informasi secara keseluruhan.
  2. Memudahkan visitor atau pengunjung web untuk menelusuri informasi yang tersimpan di dalam suatu website yang dikunjungi.
  3. Link juga bisa digunakan untuk menghubungkan antar dokumen HTML pada sebuah website.
  4. Berperan sebagai identitas konten dari situs website.

Jenis-Jenis Link

Ada berbagai jenis link pada sebuah blog atau website. Berikut ini adalah beberapa jenis link paling umum yang sudah barang tentu Anda temui sehari-hari :

  1. Backlink

Salah satu jenis link yang paling umum biasanya dikenal dengan nama backlink. Secara sederhana, backlink adalah link yang masuk ke sebuah halaman website dari website lain. Contohnya ketika ada halaman website yang mengutip tulisan dari website Anda dan memberikan link rujukan ke website Anda dengan kata kunci yang spesifik. 

Backlink ini biasanya dikaitkan dengan SEO. Semakin banyak backlink yang website dapatkan, semakin baik score SEO website tersebut. Backlink juga biasa disebut dengan banyak istilah lain seperti Incoming link, Inbound link, Inlink, dan Inward link.

       2. Internal Link


Internal link adalah link yang merujuk ke halaman website kita sendiri pada website yang sama. Jenis link ini digunakan navigasi yang membantu search engine dan user menjelajahi website. Contoh dari internal link adalah ketika Anda membuat artikel dan memasukan link dari artikel berbeda yang ada di dalam website tersebut. 

Internal link biasanya ditempatkan pada artikel yang mempunyai pembahasan yang berhubungan dengan artikel itu sendiri. Jika sahabat Qwords ingin mencoba membuat internal link, website Wikipedia adalah salah satu contoh website dengan penempatan internal link terbaik.

        3. Exsternal Link

Sesuai dengan namanya, ex ternal link adalah kebalikan dari internal link. Alih-alih memasukan link yang merujuk ke website kita sendiri, link akan mengarah ke halaman website lain. Biasanya external link juga dikaitkan dengan SEO. Ketika website Anda memberikan link pada website lain, Google akan berpikir bahwa halaman tersebut mempunyai konten berkualitas.

Ini akan berpengaruh pada rating dan juga peringkat halaman tersebut pada halaman SERP (search engine result pages). Exsternal link juga sering dikenal dengan istilah outbound link.


Nah itu tadi penjelasan singkat tentang apa itu link sahabat Blogger ! Tentunya sekarang Anda sudah mengetahui pengertian, fungsi, dan jenis-jenis link. Sebagai pengguna internet dan website, Anda akan sering menemukan dan berinteraksi dengan link setiap harinya. Mulai dari link di dalam website, dari website itu sendiri, dan lain sebagainya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru untuk sahabat Blogger terus belajar lebih lanjut tentang website. Terimakasih,,,.....  Wassalam ( Andikabm )

Artikel Terkait

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>