-->

Comments

AndikaBM Santri Baitul Mustaqim Punggur Blog Dan Informasi Terupdate Dirgahayu Republik Indonesia Ke - 76

Jaga 5 Sebelum Datang Yang 5, Wasiat Nabi Muhammad SAW

Jaga 5 Sebelum Datang Yang 5, Wasiat Nabi Muhammad SAW

Sebagai makhluk yang mulia manusia mempunyai banyak kewajiban yang harus ditunaikan saat menjalani kehidupan dunia guna untuk bekal di akhirat. Karena pada intinya semua umat manusia menginginkan kehidupan yang baik dan sejahtera, baik itu kehidupan dunia ataupun kehidupan akhirat. Untuk mencapai keduanya haruslah seimbang baik kebutuhan dunia ataupun kebutuhan akhirat. Dalam hal mencukupi kebutuhan tersebut tidaklah mudah, terbukti banyak manusia yang tidak mampu untuk menyeimbangkan keduanya. 

Jaga 5 Sebelum Datang Yang 5 Pixcabay
Demi seimbangnya kedua kebutuhan ini kita baiknya tidak melupakan hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu 'Abbas. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَ غِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ وَ فَرَاغَكَ قَبْلَ شَغْلِكَ وَ حَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

Artinya : “Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara :
  1. Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu,
  2. Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu,
  3. Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu,
  4. Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu,
  5. Hidupmu sebelum datang kematianmu.”
Menurut (HR. Al Hakim dalam Al Mustadroknya, dikatakan oleh Adz Dzahabiy dalam At Talkhish berdasarkan syarat Bukhari-Muslim. Hadits ini dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir)

  1. Jagalah Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, maksudnya : “Lakukanlah ketaatan ketika dalam kondisi kuat untuk beramal (yaitu di waktu muda), sebelum datang masa tua renta.” Selagi masih muda maka gunakan waktu sebaik-baiknya, menuntut ilmu-ilmu agama, berorganisasi, dan lain sebagainya. Kaula muda saat banyak yang salah pendapatnya, "mumpung masih muda ni ayo kita poya-poya". Hal tersebut tidaklah pantas untuk ditiru.
  2. Jagalah Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, maksudnya: “Beramallah di waktu sehat,  sebelum datang waktu yang menghalangi untuk beramal seperti di waktu sakit.” Jika kita dalam    keadaan sehat wal afiat, tentunya tidak sulit untuk melakukan semua jenis ibadah, namun jika      sakit  sudah menimpa kita, maka merintihlah yang hanya bisa dilakukan. Oleh karena itu selagi    masih dalam keadaan sehat gunakanlah untuk mengabdi beribadah kepada Allah. Melakukan        sholat  lima waktu, melaksanakan sholat-sholat sunah lainnya.
  3. Jagalah Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, maksudnya : “Manfaatklah kesempatan (waktu luangmu) di dunia ini sebelum datang waktu sibukmu di akhirat nanti. Dan awal kehidupan akhirat adalah di alam kubur.” Dikala kita masih senggang seringkali kita berleha-leha, baersantai. Akan terasa disaat kesempatan yang sangat luang itu hilang. 
  4. Jagalah Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, maksudnya: ”Bersedekahlah dengan kelebihan hartamu sebelum datang bencana yang dapat merusak harta tersebut, sehingga akhirnya engkau menjadi fakir di dunia maupun akhirat.” Disaat kita kaya berkecukupan harta benda manusia biasanya lupa pada masa-masa miskinnya. Karena mayoritas manusia mampu diuji dalam kemiskinan namun tidak mampu diuji dalam kecukupan atau kekayaan. Untuk itu jika kita dalam posisi kaya semua tercukupi, ingatlah bahwa harta yang kita miliki itu ada haknya orang lain yang dititipkan kepada kita, Maka sedekahlah dengan yang membutuhkan.
  5. Jagalah Hidupmu sebelum datang kematianmu, maksudnya: “Lakukanlah sesuatu yang manfaat untuk kehidupan sesudah matimu, karena siapa pun yang mati, maka akan terputus amalannya.” Saat kita hidup harus mampu memanfaatkan untuk hal kebaikan. Pepatah mengatakan Harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading, Manusia mati meninggalkan nama atau amal baik. Apakah kita mau keburukan yang telah diperbuat semasa hidup akan tetap dikenang oleh semua orang.... tentunya tidak kan.
Baca Juga : 
Bekerjalah untuk duniamu seakan kamu hidup selamaya, beramalah untuk akhiratmu seakan kamu mati besok. Jika kita bisa mengamalkan 5 Perkara tersebut maka insyaalloh kita akan mendapatkan kebaikan dunia dan kebaikan akhirat.

Demikian artikel Jaga 5 Sebelum Datang Yang 5 Wasiat Nabi Muhammad SAW, Semoga bermanfaat dan semoga kita bisa mengamalkannya. Terimakasih,,,,,, Wassalam.....( Andikabm )

Artikel Terkait

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>