-->

Comments

AndikaBM Santri Baitul Mustaqim Punggur Blog Dan Informasi Terupdate Dirgahayu Republik Indonesia Ke - 76

Peradaban Yang Tumbuh Pada Masa Bani Umayyah I

Peradaban Yang Tumbuh Pada Masa Bani Umayyah I - Perkembangan peradaban yang pernah ada pada masa Bani Umayyah bisa membuka mata hati kita untuk lebih memperkuat nilai keagaaman kita secara lebih mendalam lagi. Baik dalam teori dan amaliah kita sehari-hari. Apa sajakah sebenarnya peradaban yang pernah tumbuh pafda masa Bani Umayyah I di Damaskus ? 
Sejarah Peradaban Ilmu Pengetahuan Bani Umayyah I
Pengembangan budaya, filsafat dan ilmu pada masa Bani Umayyah I difokuskan pada beberapa bidang, diantaranya : 

Ilmu Pengetahuan 

a. Ilmu Tafsir 

Setelah Daulah Umayyah I berdiri, maka kaum muslim berhajat kepada hukum dan undang-undang yang bersumber dari al-Qur’an sedangkan para qurra dan mufassirin menjadi tempat bertanya masyarakat dalam bidang hukum. Pada zaman ini keberadaan tafsir masih berkembang dalam bentuk lisan dan belum dibukukan. Ilmu tafsir pada saat itu belum berkembang seperti pada zaman Bani Abbasiyah. 

b. Ilmu Hadis 

Pada saat mengartikan makna ayat-ayat al-Qur’an, kadang-kadang para ahli hadis kesulitan mencari pengertian dalam hadis karena terdapat banyak hadis yang sebenarnya bukan hadis. Dari kondisi semacam ini maka timbullah usaha para muhaddisin untuk mencari riwayat dan sanad hadis. 

Proses seperti ini pada akhirnya berkembang menjadi ilmu hadis dengan segala cabang cabangnya. Perkembangan hadist diawali dari masa khalifah Umar bin Abdul Aziz dan ulama hadis yang mula-mula membukukan hadis yaitu Ibnu Az Zuhri atas perintah khalifah Umar bin Abdul Aziz. 

c. Ilmu Qira'at 

Dalam sejarah perkembangan ilmu, yang pertamakali berkembang adalah ilmu qiraat. Cabang Ilmu ini mempunyai kedudukan yang sangat penting pada permulaan Islam sehingga orang-orang yang pandai membaca al-Qur'an pada saat itu disebut para Qurra. 

Setelah pembukuan dan penyempurnaan al-Qur’an pada masa khulafaurrasyidin dan al-Qur’an yang sah dikirim ke berbagai kota wilayah bagian maka lahirlah dialek bacaan tertentu bagi masing-masing penduduk kota tersebut dan mereka mengikuti bacaan seorang qari’ yang dianggap sah bacaannya. 

Akhirnya muncul dan masyhurlah tujuh macam bacaan yang sekarang terkenal dengan nama Qiraat sab’ah kemudian selanjutnya ditetapkan sebagai bacaan standar. 

d. Ilmu Nahwu 

Memulai mempelajari tata Bahasa Arab yang dikenal dengan nama nahwu adalah ketika seorang bayi memulai berbicara dilingkungannya. Tanpa tata bahasa maka pembicaraan tidak akan baik dan benar. Setelah banyak bangsa di luar bangsa Arab masuk Islam dan sekaligus wilayahnya masuk dalam daerah kekuasaan Islam maka barulah terasa bagi bangsa Arab dan mulai di perhatikan dengan cara menyusun ilmu nahwu. 

Adapun ilmuwan bidang bahasa pertama yang tercatat dalam sejarah perkembangan ilmu yang menyusun ilmu nahwu adalah Abu Aswad Ad Dualy yang wafat tahun 69 H. Tercatat beliau belajar dari shahabat Ali bin Abi Thalib, dengan demikian ada saja ahli sejarah mengatakan bahwa sahabat Ali bin Abi Thalib-lah bapaknya ilmu nahwu. 

e. Tarikh dan Geografi 

Penulisan sejarah Islam dimulai pada saat terjadi peristiwa-peristiwa penting dalam Islam dan dibukukannya dimulai pada saat Bani Umayyah dan perkembangan pesat terjadi pada saat Bani Abbasiyah. 

Demikian begitu pesatnya perkembangan sejarah Islam sehingga para ilmuan berkecimpung dalam bidang itu dapat mengarang kitab-kitab sejarah yang tidak dapat dihitung banyaknya. Sampai sekarang prestasi penulisan sejarah pada saat Bani Umayyah dan Abbasiyah tidak dapat ditandingi oleh bangsa manapun, tercatat kitab sejarah yang ditulis pada zaman itu lebih dari 1.300 judul buku. 

f. Seni Bahasa 

Umat Islam masa Bani Umayyah selain telah mencapai kemajuan dalam politik, ekonomi dan ilmu pengetahuan, qiraat, nahwu, hadis dan tafsir, dan juga telah tumbuh berkembang seni bahasa. Pada masa ini seni dan bahasa mengambil tempat yang penting dalam hati pemerintah dan masyarakat Islam pada umumnya. 

Pada saat kota-kota seperti Bashra dan Kuffah adalah pusat perkembangan ilmu dan sastra. Orang-orang Arab muslim berdiskusi dengn bangsa-bangsa yang telah maju dalam hal bahasa dan sastra. Di kota–kota tersebut umat Islam menyusun riwayat Arab, seni bahasa dan hikmah atau sejarah, nahwu, sharaf, balaghah dan juga berdiri klub-klub para pujangga.

Demikian Peradaban Yang Tumbuh Pada Masa Bani Umayyah I Setelah kita baca dan fahami ternyata Islam pada waktu yang sangat silam sudah berjaya hampir menguasai dunia. Berbagai ilmu pengetahuan berawal dari agama Islam pada masa Bani Umayyah dan juga Bani Abbasiyah. 

Nah sekarang tinggal kita sebagai generasi penerus untuk melanjutkan para perjuangan ulama-ulama terdahulu untuk menyebarkan agama Islam, mampukah Islam berjaya seperti dulu lagi ...? semua tergantung kita ....dan generasi kita ......

Terimakasih, Semoga bermanfaat......Wassalam ..... Andikabm 

Artikel Terkait

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>